Ciri Fisiologis Hewan Mollusca

Mollusca bereproduksi secara seksual. pada umumnya organ reproduksi jantan dan betina pada umumnya terpisah pada individu lain (gonokoris). Namun, meski begitu jenis siput tertentu ada yang bersifat Hermafrodit. Fertilisasi dilakukan secara internal ataupun eksternal sehingga menghasilkan telur. Telur tersebut berkembang menjadi larva dan pada akhirnya akan menjadi mollusca dewasa.

Sistem pencernaan pada hewan Mollusca telah lengkap, kecuali pada Bivalvia. Mulut hewan Mollusca ini memiliki lidah yang bergerigi atau biasa disebut radula. Radula terdiri atas tulang muda yang di atasnya terdapat beberapa baris gigi yang ujungnya mengarah ke dalam. Radula ini berguna untuk melumatkan makanan yang bisa dilihat pada gambar 1.

Radula pada Mollusca
Sistem peredaran darah Mollusca adalah peredaran darah terbuka. Alat pernapasannya berupa sepasang insang dan alat eksresinya berupa sepasang protonefridium. Sistem sarafnya berbentuk cincin saraf yang melingkari kerongkongan dengan sepasang ganglion dan dua pasang benang saraf yang berhubungan dengan organ tubuh.




Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama