LKDP Biologi: Ruang Lingkup Biologi Kelas X MIA Kurikulum 2013

A. KOMPETENSI INTI
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotongroyong), kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunga sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR
3.1. Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

4.1. Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

C. INDIKATOR

3.1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
3.1.2 Mengidentifikasikan permasalahan pada berbagai objek biologi
3.1.3. Mengidentifikasikan permasalahan pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
3.1.4. Mengidentifikasikan permasalahan pada berbagai bidang kajian biologi
3.1.5. Menjelaskan peranan ilmu biologi dalam bidang lain
3.1.6. Menjelaskan keterkaitan perkembangan IPTEK dengan biologi

D. MATERI SINGKAT


Biologi merupakan ilmu yang memiliki cakupan yang sangat luas. Keilmuan dalam bidang biologi dipilih menjadi beberapa cabang biologi disesuaikan pada objek dan cakupan persoalannya. Beberapa cabang ilmu biologi, diantaranya botani, zoologi, mikrobiologi, mikologi, virologi, ekologi, sitologi, dan organologi. Berbagai peranan biologi digunakan dalam rangka kesejahteraan manusia dan meningkatkan kualitas hidup manusia, seperti rekayasa genetika, fermentasi, dan kultur jaringan. Dalam biologi, kehidupan diorganisasikan menjadi beberapa tahap mulai dari hal yang paling sederhana hingga hal yang paling kompleks.

E. LANGKAH KERJA
  1. Bacalah contoh kasus pada suatu objek biologi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 
  2. Cermatilah permasalahan yang terjadi kemudian temukan pada tingkat organisasi kehidupan yang mana permasalahan tersebut terjadi dan temukan juga cabang biologi apa yang sesuai untuk mempelajari dan atau memecahkan permasalahan tersebut. 
  3. Temukan contoh pemecahan atau solusi untuk permasalahan tersebut (jika ada).

WACANA 1:
Suatu hari Mega membeli sebuah produk susu dengan merek “Yakult” di supermarket dekat rumahnya. Awalnya Mega berpikir rasa susu tersebut akan sama seperti susu sapi yang sering ia minum setiap pagi. Ternyata setelah diminum rasa susu tersebut sedikit asam. Setelah itu, ia menanyakan kepada Ayahnya mengapa rasa susu tersebut bias menjadi asam. Ayah menjelaskan susu tersebut bukanlah susu biasa sebab di dalam susu tersebut telah ditambahkan bakteri Lactobacillus casei yang sangat baik untuk usus kita. Bakteri tersebut ternyata melakukan fermentasi di dalam susu sehingga aka nmenghasilkan rasa asam pada susu.

WACANA 2:
Liburan semester kemarin Dito berlibur ke Karimun Jawa bersama keluarga. Dito berkesampatan melakukan diving (penyelaman) di laut yang terletak di sekitar pulau tersebut. Saat menyelam Dito sangat takjub melihat keindahan bawah lautnya. Ada berbagai jenis ikan yang berwarna-warni dengan berbagai bentuk. Selain itu, ia juga melihat ada banyak sekali terumbu karang yang berwarna-warni. Pemandangan bawah laut ternyata sangat berbeda dengan pemandangan yang ada di daratan seperti di sawah yang banyak ditumbuhi oleh tanaman palawija dan banyak ditemukan banyak hewan darat seperti serangga, ular dan tikus.

WACANA 3:
Teman sebangku Amira menderita sakit flu sejak 3 hari yang lalu. Setelah itu, Amira mendadak merasakan badannya tidak enak sebab dia mengalami demam, pusing, hidung tersumbat dan juga bersin-bersin. Setelah diperiksa oleh dokter, dokter mengatakan Amira sedang terserang oleh virus influenza yang dapat menyebabkan dia sakit flu. Virus tersebut dapat ditularkan dari orang yang sudah terinfeksi ke orang yang sehat melalui udara.

WACANA 4:
Bulan lalu, Kabupaten Gunung Kidul digemparkan oleh keberadaan ulat bulu yang jumlahnya sangat banyak di sebuah area perkebunan. Ulat bulu tersebut memakan daun-daun pada pohon yang tumbuh di perkebunan tersebut. Dalam satu pohon, jumlah ulat bulunya bias mencapai ratusan. Untuk mengurangi jumlah ulat bulu pada perkebunan tersebut, akhirnya para penduduk menyemprotkan insektisida pada pohon-pohon yang terserang ulat bulu.

DATA HASIL KEGIATAN:
Kasus
Objek Biologi
Tingkat Organisasi Kehidupan
Cabang Biologi
1




2




3




4






ANALISIS DATA HASIL KEGIATAN

1. Apakah ilmu biologi memberikan sumbangan yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia? Jelaskan!
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

2. Apakah ilmu biologi juga menimbulkan dampak negatif? Tuliskan contoh dan cara penanggulangannya!
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3. Tuliskan cabang biologi yang menarik bagimu. Jelaskan alasanmu!
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

4. Berikan tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan objek atau permasalahan biologi berikut! Apakah termasuk objek persoalan tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,populasi dan ekosistem

No
Objek Atau Persoalan Yang Diamati
Tingkat Organisasi Kehidupan
Molekul
Sel
Jaringan
Organ
Sistem Organ
Individu
Populasi
Ekosistem
1
Banjir








2
Ledakan penduduk








3
Bayi tabung








4
Kultur jaringan








5
Fotosintesis








6
Pencemaran lingkungan








7
AIDS








8
Bernafas








9
Pembuatan tempe








10
Mencangkok tanaman









5   Jelaskan 3 Manfaat Biologi yang Ananda Ketahui Baik dari Media Cetak Maupun Elektronik
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


KESIMPULAN
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama