Peranan Filum Annelida Dalam Kehidupan

Annelida berasal dari kata annulus yang berarti cincin dan Eidos yang berarti bentuk. Dari namanya, Annelida dapat disebut sebagai cacing gelang sehingga Annelida memiliki ciri khusus yaitu memiliki tubuh yang bersegmen. Annelida dapat hidup di berbagai tempat, baik di air tawar, air laut, atau daratan. Umumnya hidup bebas, meskipun ada juga yang bersifat parasit.

1) Menguntungkan


  • Sebagai bahan makanan (cacing wawo dan palolo). cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak juga sebagai sumber protein hewani bagi manusia.
  • Sebagai penyubur tanah (cacing tanah). cacing tanah dapat menggemburkan tanah dan membuat lubang-lubang di tanah sehingga terjadi aerasi. Dengan demikian oksigen dapat masuk ke dalam tanah. Cacing tanah dapat pula menghancurkan sampah sehingga dapat membantu pengembalian mineral dalam ekosistem tanah.
  • Sebagai pengobatan (lintah), digunakan sebagai obat dan untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Hirudinea medicinalis dapat menghasilkan zat hirudin yang berguna untuk zat anti koagulasi (anti pembekuan darah) dan untuk membersihkan nanah pada luka yang telah terinfeksi.

2) Merugikan
  • Pacet (Haemadipsa) dan lintah air (Hirudo medicinalis) mengisap darah hewan (misalnya kerbau, sapi, kuda) dan manusia..

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama