Pengelompokan Limbah Berdasarkan Kandungan Jenis Zatnya

Zat kimia ada 2 yaitu zat kimia organik adalah zat kimia yang mengandung unsur hidrokarbon (unsur hydrogen dan unsur karbon), dan zat kimia anorganik adalah zat kimia yang tidak mengandung hidrokarbon. Maka Limbah juga ada:
  • Limbah Organik: Limbah ini terdiri atas bahan-bahan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan yang bersifat organik. Misal: Tinja, sisa kotoran hewan, sampah dedaunan, sisa makanan. Limbah organik juga limbah yang mudah diuraikan oleh organisme melalui proses yang alami, salah satu caranya dengan membusukkan limbah tersebut. Manfaat dari limbah organik: membuat kompos. Kompos : pupuk yang berasal dari hasil pelapukan/pembusukan sampah organik oleh organisme.
  • Limbah Anorganik: Limbah ini terdiri atas limbah industri atau limbah pertambangan yang selain mengandung zat-zat kimia anorganik, juga mengandung zat kimia organik yang sulit diuraikan oleh organisme (besi, kaca, plastik, kaleng, kemasan makanan, kertas,aluminium).

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama