Jelaskan perbedaan antara virus, virion, prion

Buku Biologi Untuk SMA/MA Kelas X
Kelompok Matematika dan Ilmu Alam
Kurikulum 2013
Penerbit Erlangga

Soal uraian halaman 117

No 4. Jelaskan perbedaan antara virus, viriod, prion

Jawaban:
  • Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus memiliki untaian asam nukleat yang terbungkus mantel protein, membuatnya sulit untuk dihancurkan. Mikroorganisme membutuhkan DNA dan RNA untuk bereproduksi. Virus tidak dapat membuat faktor pembawa sifat tanpa adanya inang, karena virus memiliki DNA atau RNA, tetapi tidak keduanya. Virus (bahasa Latin dari ‘racun”) merupakan parasit obligat intraseluler yang hanya dapat bereplikasi di dalam sel inang yang hidup. Sekali masuk ke dalam sel inang hidup, virus ikut campur dalam metabolisme sel inang, membuat virus sulit untuk dikontrol secara kimiawi. Kamu tidak dapat membunuh virus dengan antibiotik. Obat yang digunakan untuk menghancurkan kemampuan replikasi virus pada sel inang dapat terlalu beracun dan berakibat negatif, bahkan bisa mengakibatkan kematian sel inang tersebut.
  • Virion merupakan molekul kecil RNA sirkuler telanjang (Tanpa kapsaid) yang lebih kecil dari virus. Viroid hanya berupa asam nukleat yang terdiri atas beberapa ratus nukleotida dan tidak mengkode protein, tetapi mampu bereplikasi di dalam sel iang dengan menggunakan enzim seluler.
  • Prion merupakan protein yang tidak dapat bereplikasi, tetapi mampu mengubah protein iang menjadi protein versi prion. prion pembawa penyakit menular yang diketahui terdiri dari protein.


Viroid:
  1. lebih sederhana dari virus
  2. moekul kecil RNA sirkuler telanjang (Tanpa kapsaid)
  3. hanya terdiri atas beberapa ratus nukleotida
  4. tidak mengkode protein
  5. tidak mampu bereplikasi di dalam sel iang
  6. biasanya menginfeksi tanaman
Prion:
  1. lebih sederhana dari viroid
  2. merupakan protein
  3. tidak dapat bereplikasi
  4. mampu mengubah protein menjadi protein versi prion
  5. menyebabkan penyakit degeneratif otak 

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama