Apakah perbedaan penyakit malaria tropika, kuartana, dan tertiana?


Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 212-216:

Soal Uraian:

 Apakah perbedaan penyakit malaria tropika, kuartana, dan tertiana?

Jawaban:


Perbedaan penyakit malaria tropika, kuartana, dan tertiana:
  • Malaria tropika disebabkan oleh Plasmodium falciparum. Gejala yang ditunjukan yaitu timbul demam tidak menentu. Penyakit ini berpotensi kematian.
  • Malaria kuartana disebabkan oleh Plasmodium malariae. Gejala demam timbul pada hari ke-4 dan berlangsung secara periodik setiap 72 jam.
  • Malaria tertiana disebabkan oleh Plasmodium vivax. Malaria tertiana banyak ditemukan di Papua New Guinea. Malaria tertiana ditemukan pertama kali oleh Covell dan Shute (Tahun 1948) di jaringan hati manusia. Plasmodium vivax dapat tetap dorman hingga bertahun-tahun dijaringan hati sehingga memungkinkan penyakit tersebut dapat kambuh kembali. Gejala demam timbul pada hari ke-3 dan berlangusng secara periodik setiap 48 jam.

 Jadi perbedaan utama penyakit malaria tropika, kuartana, dan tertiana terletak pada perbedaan spesies protista yang menjadi penyebab penyakit malaria.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama