Baru!!! Cara Mengecek Keaslian Kartu Keluarga (KK) dengan Menggunakan Barcode



Baru-baru ini Saya melakukan pembaharuan data pada kartu keluarga (KK). Setiap kali pembaharuan KK asli akan selalu diganti dengan KK cetak asli yang baru. Namun ada yang berbeda dengan KK yang sekarang. Biasanya KK yang asli baru akan diserahkan apabila sudah di bubuhi Tanda tangan KADISDUKCAPIL dan distempel Basah DUKCAPIL tapi kali ini tidak. Pada Bagian tanda Tangan KADISDUKCAPIL cuma terdapat sebuah barcode.

Lalu apakah tidak perlu tanda tangan dan stempel lagi?

Setelah saya tanyakan kepada petugas disana, ternyata memang KK terbaru sekarang tidak lagi ditanda tangani oleh kadis. cukup diberikan barcode.

Sayapun makin penasaran dengan barcode ini. Dengan menggunakan aplikasi scanner pada handphone android, saya mencoba melakukan scan pada barcode. Ternyata barcode berisi link untuk mengunduh file online KK.

Link dikaitkan dengan web layanan online dukcapil kemendagri. Dan kita bisa mengunduh KK dalam bentuk .pdf

Jadi, barcode yang diberikan pada KK terbaru bertujuan untuk mencek keaslian data pada KK  secara online. Hal ini juga bermanfaat untuk menghindari pemalsuan dokumen oleh oknum. masyrakat juga diberikan kemudahan untuk mengakses barcode tersebut dengan telpon pintar yang dimilikinya.

Salam berbagai, Semoga Bermanfaat!

7 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

  1. Tapi kertas nya masih yg lama bukan pak kalo yg asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, cm hvs putih biasa, sy baru buat kmrin,

      Hapus
    2. bukan masalah kertasnya tapi isi didalamnya, asli apa tidak.

      Hapus
  2. Karna saya sedang ada keperluan diluar kota, jadi saya minta tolong kepada masih family, pertanyaanya kenapa dapetnya KK warna kertas HVS? Dan kita bisa mengunduh KK dalam bentuk .pdf. maksudnya gmana?
    trima kasih.

    BalasHapus
  3. tidak ada yg bisa diunduh dalam bentuk pdf

    BalasHapus
  4. KK yang baru apa benar pake kertas HVS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah! saya ndak tahu juga, tapi kemeren masih pake kertas blanko KK.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama