3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Oleh: Irfan Dani, S.Pd. 

CGP Angkatan 4 Kabupaten Aceh Selatan.

Judul: Pelatihan IT Untuk Warga GTK SMA Negeri 1 Labuhanhaji


Peritiwa (Facts)

SMA Negeri 1 Labuhanhaji memiliki modal manusia, fisik, dan finansial yang cukup baik. Sarana dan prasarana penunjang di bidang IT sudah tersedia. Namun penggunaannya belum dilakukan cecara optimal. Untuk membantu meningkatnya sumberdaya manusia, penggunaan sarana dan prasarana dengan didukung oleh modal finansial sekolah. Maka saya melaksanakan pelatihan-pelatihan IT untuk Guru dan siswa. Kegiatan ini ada yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan akan dilaksanakan di semester depan.


Perasaan (Feeling)

Setelah melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan IT di SMA Negeri 1 Labuhanhaji, Saya merasa sangat puas bisa memberikan kontribusi yang dibutuhkan untuk kemajuan sekolah. Terutama pada pengembangan kompetensi guru dan kemampuan siswa dalam mengusai teknologi yang mereka butuhkan untuk kedepannya. Kegiatan ini haruslah dilaksanakan secara berkelanjutan supaya bisa dikembangkan lagi kedepannya. Saya mendapatkan respon yang cukup baik dari rekan-rekan sejawat dan siswa yang ingin melakukan perubahan pada dirinya.

Pembelajaran (Finding)

Dari sini saya belajar, bahwa kita harus selalu berbagi dengan orang lain.
Tidak perlu menunggu hebat untuk berbagi walau sedikit sampaikan apa yang sudah kamu ketahui
Prinsip itu merupakan modal saya untuk bisa lebih baik lagi dalam menuntut ilmu. Saya merasa bisa kalau saya sudah bisa menyampaikan kepada orang lain. Itu juga hal yang saya tanamkan kepada siswa-siswa dikelas. Agar merekan mau dan teruslah berbagi ilmu dengan orang-orang disekitarnya. Pembelajaran bisa kita ambil dari kegiatan apa saja, walaupun dari hal-hal yang sederhana

Penerapan.

Pelatihan IT untuk warga SMA Negeri 1 Labuhanhaji saya laksanakan secara berkelanjutan, mulai dari pelatihan untuk siswa, Guru dan Tenaga kependidikan. Untuk siswa saya lebih berfokus pada kemampuan microsoft office dan internet, serta sosialisasi pemanfaatan akun belajar.id. Untuk guru hampir sama dengan siswa namun ada beberapa pelatihan khusus yang saya berikan seperti pelatihan canva, google workspace, dan erapor. Untuk Tenaga kependidikan saya memberikan pelatihan microsoft office untuk menambangkan profesionalitas mreka dalam bekerja.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama