Apa itu GGD? (Guru Garis Depan)

Foto: Atribut Guru Garis Depan (GGD)/Irfan Dani
Pengertian GGD?

GGD adalah singkatan dari nama Program Guru Garis Depan, Program ini merupakan terobosan baru dalam sistem rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil melalui Formasi Khusus Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T).

Berapa jumlah peserta yang sudah GGD?

Berkat kerjasama dan koordinasi pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional dan KemenPAN-RB, maka pada tahun 2015 ini dilahirkanlah sebanyak 798 Orang Guru Garis Depan yang disebar di 28 kabupaten dari Aceh Sampai Papua. Seluruh Peserta ini dilepas secara resmi oleh Presiden Jokowidodo di halaman istana Merdeka pada tanggal 25 Mei 2015.

Apa Syarat Jadi GGD?

Syarat untuk bisa bergabung dalam Program Guru Garis Depan adalah sebagai berikut:
  1. Harus mengikuti dan lolos dalam Program Sarjana Mendidik di Daerah terdepan, terluar dan tertinggal (SM-3T)
  2. Mengikuti dan lolos dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) berasrama, dibuktikan dengan Sertifikat pendidik.
  3. Mendaftar dalam Penerimaan CPNS Melalui Formasi Khusus SM-3T
  4. Mengikuti Ujian CAT PNS Formasi khusus di LPTK yang dipilih
  5. Mendapatkan Ranking tertinggi sesuai dengan jumlah kuota daerah penempatan yang diambil, Dalam rekrutment angkatan I, rangking dan pilihan pertama merupakan syarat mutlak yang menjadi keputusan final kelulusan, sedangkan passing grade ditiadakan karena kebijakan khusus.
  6. Melengkapi berkas kelulusan CPNS dengan mengirimkannya lewat POS ke kemendikbud. 
  7. Menunggu secara resmi pemanggilan dan pelepasan di jakarta. 

Cara mendaftar jadi GGD?
  1. Harus bersabar dan banyak berdoa sampai pendaftaran benar-benar dibuka secara resmi, karena berdasarkan pengalaman sebelumnya banyak peserta yang tidak sabar dan terjebak dalam formasi umum dan tidak bisa mendaftar lagi di Formasi khusus karena NIP sudah terpakai.
  2. Mendaftar di Situs regpanselnas.menpan.go.id (ini untuk program tahun lalu sedangkan untuk tahun ini belum ada penjelasan).
  3. Langkah selanjutnya mendaftar disitus Kemdikbud cpns.kemdikbud.go.id. Untuk pengumuman penerimanan GGD Angkatan I bisa di lihat disini (Pengumuman Formasi Khusus Bagi Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal /5 Desember 2014). dan link registrasinya lihat disini.
  4. Melihat jadwal Jadwal Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  5. Persiapkan diri semaksimal mungkin sebelum mengikuti ujian TKAD CAT
  6. Mengikuti TES TKD CAT di LPTK yang kita Pilih
  7. Perbanyak berdo'a
  8. Menunggu pengumuman Kelulusan, untuk Angkatan I bisa dilihat disini: Pengumuman Kelulusan Formasi SM-3T.
  9. Jika Anda lulus, Anda akan bergabung dalam program GGD dengan melengkapi berkas-berkas yang diminta.

Kapan Program GGD dibuka dan dibuka lagi?

Seperti yang Saya jelaskan sebelumnya, untuk angkatan pertama Penerimaannya dibuka pada tanggal 5 Desember 2014 melalui situs Kemdikbud (Lihat disini: Pengumuman Formasi Khusus Bagi Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal) Dimana Formasi umum telah ditutup sedangkan formasi khusus ini baru dibuka.

Sedangkan untuk tahun ini Program Guru Depan akan segera dibuka kembali walaupun ada moratorium, Dan Itulah Keistimewaan Formasi khusus yang sedang diperjuangkan oleh Kemdikbud melalui kemristek ke Menpan-RB.

Bagi Anda yang telah memenuhi persyaratan menjadi Calon Guru Garis Depan Angkatan II, Silahkan melakukan Koordinasi melalui Group Masyarat SM-3T Indonesia. Silahkan segera bergabung karena saat ini seang dilaksanakan pendataan pemilik sertifikat pendidik dan Potensi GGD angkatan II.

Sekian tulisan dari Pak Pandani. Persiapkan diri Anda untuk jadi NEXT GGD

Salam berbagi 

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama