Google Doodles: Ulang Tahun Ke-22 Roti Baguette!

Hari ini 13 September 2015, google secara resmi merayakan ulang tahun ke-22 Roti Baguette dalam tampilan google doodles. Apa itu Roti Baguette? Roti Baguette adalah Roti khas negara Prancis dalam bentuk panjang. Roti ini sangat unik kerena memiliki panjang 65 centimeter. dan memiliki diameter 5 sampai 6 centi meter.tetapi tekstur roti ini masih lembut walau dalam ukuran tebal dan panjang.

Roti Baguette merupakan symbol budaya bagi negara prancis, roti ini dikonsumsi oleh negara prancis sejak raja louis yang hidup di tahun 1800an.

Tanggal 13 September dirayakan sebagai hari ulang tahun Ke-22 Roti Baguette! dikrenakan pada tanggal 13 september 1993 pemerintah prancis mengeluarkan aturan secara resmi tentang aturan baku pembuatan Roti Baguette. Jadi roti ini tidak bolah dibuat lagi secara sembarangan.



Ukuran roti di buat ketentuannya, mulai dari panjang 65 centimeter, lebar 5-6 centimeter, tinggi 3-4 centimeter, dan beratnya  250 gram.

Selain bentuk dan ukuran pemerintah prancis juga membuat aturan tentang standar bahan baku, Roti Baguette harus dibuat dari 4 bahan utama yakni, Tepung terigu, garam, aira dan ragi. Roi ini tidak boleh diberi bahan pengawet maupun dibekukan karena Roti Baguette hanya boleh dinikmati dalam rentang waktu 24 jam saja.

Wah! hebat juga aturan negara prancis ini, sampai makananpun dibuat aturan resminya.

Sekrang bagaimana dengan negara kita? Apakah ada aturan resmi untuk pembuat Gado-gado, lontong, rendang, dan masakan padang?

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama