Loading...


Selamat Tahun Pelajaran baru 2019/2020. Selamat Belajar dan Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pak Pandani. Salam Belajar dan Berbagi

Mengapa mutasi yang terjadi pada suatu organisme memegang peranan penting dalam proses evolusi biologi, meskipun angka laju mutasi sangat kecil?

   
Loading...
       

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII (Penerbit Erlangga) Halaman 313-317:

Soal:

Mengapa mutasi yang terjadi pada suatu organisme memegang peranan penting dalam proses evolusi biologi, meskipun angka laju mutasi sangat kecil?


Jawaban:

Angka laju mutasi adalah angka yang menunjukkan jumlah gen yang bermutasi dari seluruh gamet yang dihasilkan oleh individu dalam suatu spesies. Angka laju mutasi pada umumnya sangat kecil karena gen bersifat tetap dan tidak mudah berubah.

Berdasarkan penelitian, angka laju mutasi rata-rata berkisar 1 : 100.000, artinya dalam 100.000 gamet yang dihasilkan oleh induvidu terdapat 1 gen yang bermutasi. 

Meskipun angka tersebut sangat kecil, namun masih dapat memengaruhi evolusi. karena hal-hal berikut:
  • Terdapat ribuan gen dalam setiap gamet yang dihasilkan
  • Setiap induvidu menghasilkan ribuan hingga jutaan gamet dalam satu generasi
  • Jumlah induvidu dalam setiap generasi sangat banyak
  • Jumlah generasi selama spesies itu ada sangat banyak.

   
Loading...
   

0 Response to " Mengapa mutasi yang terjadi pada suatu organisme memegang peranan penting dalam proses evolusi biologi, meskipun angka laju mutasi sangat kecil? "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani